top of page

Danieshians Forum

Public·14 members
Gustav Zhuravlev
Gustav Zhuravlev

Langkah-Langkah Mengatasi Error ‘Cannot Run The Macro …’ di Excel dengan Mudah



Cara mengatasi error Cannot Run The Macro pada Excel




Apakah Anda pernah mengalami error Cannot Run The Macro pada Excel saat mencoba menjalankan sebuah macro? Error ini bisa sangat mengganggu dan membuat Anda tidak bisa menyelesaikan pekerjaan Anda dengan cepat dan efisien. Apa sebenarnya penyebab error ini dan bagaimana cara mengatasinya?




Cara mengatasi error ‘ Cannot Run The Macro …’ pada Excel



Apa itu macro dan mengapa error ini terjadi?




Macro adalah serangkaian perintah yang digunakan untuk mengotomatisasi tugas berulang di Excel. Macro bisa membantu Anda menghemat waktu dan tenaga dengan menjalankan beberapa langkah dengan sekali klik. Macro bisa dibuat dengan menggunakan Visual Basic for Applications (VBA) atau dengan merekam tindakan Anda di Excel.


Error Cannot Run The Macro pada Excel biasanya terjadi karena beberapa alasan berikut:


  • Macro tidak tersedia di workbook yang Anda buka. Ini bisa terjadi jika Anda mencoba menjalankan macro dari workbook lain yang tidak terbuka atau tidak ada di lokasi yang sama.



  • Macro dinonaktifkan oleh pengaturan keamanan Excel. Ini bisa terjadi jika Anda tidak mempercayai sumber macro atau jika Anda memilih untuk menonaktifkan semua macro tanpa pemberitahuan.



  • Macro tidak kompatibel dengan versi Excel yang Anda gunakan. Ini bisa terjadi jika Anda mencoba menjalankan macro yang dibuat dengan versi Excel yang lebih lama atau lebih baru dari yang Anda gunakan.



  • Macro mengandung kesalahan sintaks atau logika yang membuatnya tidak bisa berjalan. Ini bisa terjadi jika Anda membuat macro sendiri dengan VBA dan tidak memeriksa kode Anda dengan benar.



Bagaimana cara mengatasi error Cannot Run The Macro pada Excel?




Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi error Cannot Run The Macro pada Excel:


Cara 1: Pastikan macro tersedia di workbook yang Anda buka




Jika Anda mencoba menjalankan macro dari workbook lain, pastikan workbook tersebut terbuka dan berada di lokasi yang sama dengan workbook yang Anda kerjakan. Jika tidak, Anda harus membuka workbook tersebut terlebih dahulu atau memindahkannya ke lokasi yang sama.


Jika Anda mencoba menjalankan macro dari workbook yang sama, pastikan nama macro sesuai dengan nama yang ada di daftar macro. Untuk melihat daftar macro, klik tab Developer, lalu klik Macros. Jika nama macro tidak sesuai, ubahlah nama macro di kode VBA atau di kotak dialog Record Macro.


Cara 2: Aktifkan semua macro atau macro tertentu di Pusat Kepercayaan




Jika Anda tidak yakin tentang sumber atau keamanan macro, Anda bisa mengaktifkan semua macro atau hanya macro tertentu di Pusat Kepercayaan. Berikut adalah langkah-langkahnya:


  • Klik tab File, lalu klik Opsi.



  • Klik Pusat Kepercayaan, lalu klik Pengaturan Pusat Kepercayaan.



Klik Pengaturan Makro, lalu pilih salah satu opsi berikut:


  • Nonaktifkan semua makro tanpa pemberitahuan: Makro dan pemberitahuan keamanan tentang makro dinonaktifkan.



  • Nonaktifkan semua makro dengan pemberitahuan: Makro dinonaktifkan, tetapi pemberitahuan keamanan muncul jika makro ada. Anda bisa mengaktifkan makro berdasarkan kasus demi kasus.



  • Nonaktifkan semua makro kecuali makro bertanda tangan digital: Makro dinonaktifkan, dan pemberitahuan keamanan muncul jika ada makro yang tidak ditandatangani. Namun, jika makro ditandatangani secara digital oleh penerbit tepercaya, makro hanya berjalan.



  • Mengaktifkan semua makro (tidak disarankan, kode yang berpotensi berbahaya dapat berjalan): Semua makro berjalan tanpa konfirmasi.



  • Klik OK dua kali untuk menyimpan pengaturan.



Cara 3: Instal ulang Microsoft Visual C++ Runtime Libraries




Jika Anda mencoba menjalankan macro 4.0 yang dibuat dengan versi Excel yang lebih lama, Anda mungkin perlu menginstal ulang Microsoft Visual C++ Runtime Libraries untuk memastikan kompatibilitasnya. Berikut adalah langkah-langkahnya:


  • Buka Control Panel, lalu klik Uninstall a program.



  • Cari dan hapus semua versi Microsoft Visual C++ Redistributable Package yang ada di komputer Anda.



  • Restart komputer Anda.



  • Buka situs web Microsoft Download Center dan unduh versi terbaru dari Microsoft Visual C++ Redistributable Package sesuai dengan sistem operasi dan arsitektur komputer Anda.



  • Jalankan file instalasi dan ikuti petunjuknya untuk menyelesaikan proses instalasi.



  • Buka kembali Excel dan coba jalankan macro 4.0 Anda.



Kesimpulan




Error Cannot Run The Macro pada Excel bisa sangat mengganggu dan membuat pekerjaan Anda terhambat. Namun, dengan mengetahui penyebab dan cara mengatasinya, Anda bisa kembali menjalankan macro dengan lancar dan efisien. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!


Cara 4: Periksa dan perbaiki kesalahan kode macro Anda




Jika Anda membuat macro sendiri dengan VBA, Anda harus memastikan bahwa kode macro Anda tidak mengandung kesalahan sintaks atau logika yang membuatnya tidak bisa berjalan. Anda bisa menggunakan fitur debug di VBA Editor untuk menemukan dan memperbaiki kesalahan kode macro Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:


  • Buka workbook yang berisi macro Anda, lalu tekan Alt + F11 untuk membuka VBA Editor.



  • Pilih nama macro Anda di jendela Project Explorer, lalu klik menu Debug dan pilih Compile VBA Project.



  • Jika ada kesalahan sintaks, Anda akan melihat pesan error dan baris kode yang bermasalah akan ditandai dengan warna merah.



  • Perbaiki kesalahan sintaks dengan mengikuti petunjuk di pesan error atau dengan merujuk ke dokumentasi VBA.



  • Ulangi langkah 2 sampai tidak ada lagi pesan error.



  • Jika ada kesalahan logika, Anda bisa menggunakan fitur breakpoint, step into, step over, dan watch untuk menelusuri jalannya kode macro Anda dan menemukan nilai atau kondisi yang salah.



  • Perbaiki kesalahan logika dengan mengubah nilai atau kondisi yang salah atau dengan menambahkan atau menghapus baris kode sesuai kebutuhan.



  • Simpan perubahan kode macro Anda dan coba jalankan kembali macro Anda.



Cara 5: Cari bantuan dari sumber terpercaya




Jika Anda masih tidak bisa mengatasi error Cannot Run The Macro pada Excel setelah mencoba semua cara di atas, Anda mungkin perlu mencari bantuan dari sumber terpercaya yang bisa memberikan solusi yang tepat dan efektif. Beberapa sumber terpercaya yang bisa Anda coba adalah:


  • Forum resmi Microsoft Excel: Anda bisa bertanya atau mencari jawaban dari pengguna Excel lainnya yang mungkin mengalami masalah yang sama dengan Anda. Anda juga bisa mendapatkan bantuan dari staf Microsoft atau MVP (Most Valuable Professional) yang ahli di bidang Excel.



  • Situs web tutorial Excel: Anda bisa menemukan artikel, video, atau kursus online yang menjelaskan cara membuat, menjalankan, dan memperbaiki macro di Excel dengan mudah dan cepat. Beberapa situs web tutorial Excel yang populer adalah Excel Easy, Excel Jet, dan Excel Campus.



  • Layanan profesional Excel: Anda bisa menyewa jasa profesional Excel yang bisa membantu Anda membuat, menjalankan, dan memperbaiki macro di Excel sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda. Beberapa layanan profesional Excel yang terkenal adalah Excel Rescue, Excel Help, dan Excel Chat.



Dengan mencari bantuan dari sumber terpercaya, Anda bisa mendapatkan solusi yang lebih akurat, cepat, dan aman untuk mengatasi error Cannot Run The Macro pada Excel.


Cara 6: Perbarui versi Excel Anda ke versi terbaru




Jika Anda menggunakan versi Excel yang lama atau tidak mendukung macro tertentu, Anda mungkin perlu memperbarui versi Excel Anda ke versi terbaru yang memiliki fitur dan fungsi macro yang lebih baik dan lebih aman. Berikut adalah langkah-langkahnya:


  • Buka Excel, lalu klik tab File dan pilih Akun.



  • Klik Opsi Pembaruan, lalu pilih Perbarui Sekarang.



  • Tunggu hingga proses pembaruan selesai, lalu restart Excel.



  • Buka kembali workbook yang berisi macro Anda dan coba jalankan kembali macro Anda.



Cara 7: Gunakan mode debug untuk menjalankan macro Anda




Jika Anda tidak bisa menjalankan macro Anda secara normal, Anda bisa mencoba menggunakan mode debug untuk menjalankan macro Anda secara bertahap dan melihat hasilnya di setiap langkah. Mode debug bisa membantu Anda menemukan dan memperbaiki kesalahan yang mungkin terjadi saat menjalankan macro Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:


  • Buka workbook yang berisi macro Anda, lalu tekan Alt + F11 untuk membuka VBA Editor.



  • Pilih nama macro Anda di jendela Project Explorer, lalu klik menu Debug dan pilih Run Sub/UserForm.



  • Anda akan melihat jendela Immediate Window di bagian bawah VBA Editor. Di sini Anda bisa melihat hasil dari setiap baris kode yang dijalankan oleh macro Anda.



  • Anda juga bisa menggunakan tombol F8 untuk menjalankan macro Anda secara langkah demi langkah dan melihat perubahan yang terjadi di workbook Anda.



  • Jika ada kesalahan yang terjadi saat menjalankan macro Anda, Anda akan melihat pesan error dan baris kode yang bermasalah akan ditandai dengan warna kuning.



  • Anda bisa menghentikan proses debug dengan menekan tombol Reset di toolbar VBA Editor atau dengan menutup jendela Immediate Window.



Cara 10: Gunakan fungsi Application.Run untuk menjalankan macro dari VBA




Jika Anda ingin menjalankan macro dari kode VBA Anda sendiri, Anda bisa menggunakan fungsi Application.Run yang memungkinkan Anda untuk menjalankan macro dari workbook yang sama atau workbook lain dengan menyertakan nama file dan nama macro sebagai argumen. Fungsi Application.Run bisa berguna jika Anda ingin membuat macro yang menjalankan macro lain secara berurutan atau bersyarat. Berikut adalah langkah-langkahnya:


  • Buka workbook yang berisi kode VBA Anda, lalu tekan Alt + F11 untuk membuka VBA Editor.



  • Masukkan kode berikut di modul standar:



Sub RunMacro()


Application.Run "MyMacro" 'menjalankan macro dari workbook yang sama


Application.Run "C:\Temp\MyMacro.xlsm!MyMacro" 'menjalankan macro dari workbook lain


End Sub


  • Ganti "MyMacro" dengan nama macro yang ingin Anda jalankan.



  • Ganti "C:\Temp\MyMacro.xlsm" dengan lokasi dan nama file workbook yang berisi macro yang ingin Anda jalankan.



  • Kembali ke workbook Anda dan tekan Alt + F8 untuk membuka kotak dialog Macro.



  • Pilih nama macro RunMacro dan klik Run.



  • Anda akan melihat macro dari kode VBA Anda dan macro dari workbook lain dijalankan secara berurutan.



Cara 11: Gunakan fungsi OnKey untuk menjalankan macro dengan tombol pintas




Jika Anda ingin menjalankan macro dengan tombol pintas keyboard, Anda bisa menggunakan fungsi OnKey yang memungkinkan Anda untuk menetapkan tombol pintas tertentu ke macro yang ingin Anda jalankan. Fungsi OnKey bisa membantu Anda menjalankan macro dengan lebih cepat dan mudah tanpa harus membuka kotak dialog Macro atau menggunakan tombol atau objek lain. Berikut adalah langkah-langkahnya:


  • Buka workbook yang berisi macro yang ingin Anda jalankan, lalu tekan Alt + F11 untuk membuka VBA Editor.



  • Masukkan kode berikut di modul standar:



Sub AssignShortcut()


Application.OnKey "^+m", "MyMacro" 'menetapkan tombol pintas Ctrl+Shift+m ke macro MyMacro


End Sub


  • Ganti "MyMacro" dengan nama macro yang ingin Anda jalankan.



  • Ganti "^+m" dengan tombol pintas yang ingin Anda gunakan. Simbol ^ berarti Ctrl, + berarti Shift, dan m berarti huruf m. Anda bisa menggunakan kombinasi tombol lain sesuai keinginan Anda.



  • Kembali ke workbook Anda dan tekan Alt + F8 untuk membuka kotak dialog Macro.



  • Pilih nama macro AssignShortcut dan klik Run.



  • Anda akan melihat pesan "Tombol pintas telah ditetapkan". Klik OK.



  • Sekarang Anda bisa menjalankan macro dengan menekan tombol pintas yang telah Anda tetapkan.



Kesimpulan




Error Cannot Run The Macro pada Excel bisa sangat mengganggu dan membuat pekerjaan Anda terhambat. Namun, dengan mengetahui penyebab dan cara mengatasinya, Anda bisa kembali menjalankan macro dengan lancar dan efisien. Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan 11 cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi error ini, mulai dari mengaktifkan macro di Pusat Kepercayaan, menginstal ulang Microsoft Visual C++ Runtime Libraries, hingga menggunakan fungsi Run, OnKey, atau tombol untuk menjalankan macro. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda! 4e3182286b


https://soundcloud.com/mausanousis1981/download-horoscope-explorer-pro-502-crack-exclusive

About

Welcome to the group! You can connect with other members, ge...

Members

bottom of page